Kamis, 21 November 2013

BURUKNYA FASILITAS UMUM

Pengertian dan Karakteristik Buruknya Fasilitas Umum
        Pengertian fasilitas umum merupakan fasilitas yang diadakan untuk kepentingan umum atau bersama. Dikatakan "fasilitas umum" karena keberadaan wadah atau tempat ini bersifat mempermudah atau memperlancar kebutuhan bersama dari kelompok atau komunitas tertentu, misalnya di bnidang keamanan, komunikasi, rekreasi, olahraga, pendidikan , kesehatan, administrasi publik, religius, sosial-budaya dll. jadi arti dari buruknya fasilitas umum adalah suatu fasilitas yang dibuat untuk masyarakat umum tetepi tidak dapat dijaga dengan baik sehingga menjadi kotor, rusak dan terbengkalai.

     Karakteristik buruknya fasilitas umum adalah:
  1. Kondisi tempat yang kotor dan rusak
  2. Tidak dilengkapi fasilitas yang memadai
  3. Berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat
  
Penyebab dan Proses Terbentuknya Rusaknya Fasilitas Umum 
     Penyebab buruknya fasilitas umum, sangat erat kaitannya dengan pemerintah dan masyarakat. masyarakat tidak bertanggung jawab yang telah merusak fasilitas umum, serta fasilitas umum yang sudah rapuh termakan usia yang tidak dijaga. Ini bisa terjadi karena  lemahnya pengawasan dari Pemerintah, dan rendahnya tanggung jawab moral penyedia jasa. Inilah yang menyebabkan rusaknya fasilitas umum, yaitu Pemerinyah serta Masyarakat sendiri.
        Proses rusaknya fasilitas umum dimulai dengan adanya rasa tidak tanggung jawab dari lapisan masyarakat, baik oleh kalangan atas, menengah, ataupun bawah. Pada proses perbaikan fasilitas, diperlukannya peran Pemerintah untuk mengatasinya, namun tak sedikit dari golongan tersebut yang hanya menganggap itu hanya masalah perkotaan kecil, mudah, dan tidak segera diatasi.

 Masalah yang Timbul Akibat Buruknya Fasilitas Umum 
        Masalah yang timbul sebagian besar merupakan masalah yang sudah sering terjadi di Jakarta, dan masih saja susah untuk dihilangkan. Antara lain :
  1. Kemacetan 
  2. Pemukiman kumuh 
  3. Pemukiman penduduk
  4. Kecelakaan
  5.  Bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor, dll.
   
Upaya Untuk Mengatasi Buruknya Fasilitas Umum
              Fasilitas umum memang harus dipelihara dan dijaga oleh pemerintah. Meskipun demikian, masyarakat juga harus membantu menjaga supaya tidak mudah rusak. Jika ada fasilitas umum yang rusak, hendaknya melapor ke pihak berwenang. Beberapa upaya yang harus dilakukan oleh masyarakat, yaitu:
  1. Renovasi fasilitas umum
  2.  Segera melapor ke pihak berwenang jika ada fasilitas umum yang rusak
  3. Meningkatkan rasa tanggung jawab masyarakat
  4.  Menjaga dan merawat fasilitas umum
  5. Adanya rasa kepedulian dari masyarakat 
          
Kesimpulan
           Fasilitas umum dapat didefinisikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah di Pusat, di Daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan peundang-undangan.
              Secara umum permasalahn yang sering terjadi karena buruknya fasilitas umum adalah kemacetan, pemukiman kumuh, kecelakaan, bencana alam, seperti banjir longsor dll. Cara mengatasinya adalah dengan renovasi fasilitas umum, meningkatkan rasa tanggung jawab masyarakat, menjaga dan merawat fasilitas umum, adanya rasa kepedulian dari masyarakat, dll.
  

Saran
          Mengingat fasilitas umum di Jakarta masih  jauh dari pada yang diharapkan hendaknya perlu adanya evaluasi terhadap kinerja aparatur birokrasi serta infratruktur dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat di tingkatkan. Untuk Meningkatkan pelayanan publik di Jakarta tidak hanya diharapkan peran internal dari aparatur pemerintah tetapi harus adanya peran masyarakat. Di harapakan masyarakat mau bekerja sama untuk mengawasi  serta melaporkan setiap adanya kejanggalan yang terjadi.
Demikian artikel yang dapat saya buat, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar